Kamis, 06 September 2012

Tulang Rusuk Tidak Akan Pernah Tertukar


jika memang dirimulah tulang rusukku (terlahir untukku)
kau akan kembali pada tubuh ini (bawa hatiku kembali)
ku akan tua dan mati dalam pelukmu
untukmu seluruh nafas ini


Lagu Seluruh Nafas dari Last Child Feat Giselle mengalun merdu menemaniku membalas email-email surat cinta dari client. Pas penggalan lirik diatas jadi kepikiran istilah tren yang dipakai baru-baru ini ”Tulang rusuk tidak akan pernah tertukar”.

Yang mengganjal adalah apakah setiap wanita tercipta dari tulang rusuk pasangannya sehingga ada istilah tidak akan tertukar? Bagaimana kalau misalkan sudah berkeluarga terus salah satu pasangan meninggal dan pasangan yang masih hidup menikah lagi, berarti tulang rusuknya ketuker dong? Untuk yang kawin cerai, berarti si laki-laki punya banyak tulang rusuk dong dan si perempuan tercipta dari banyak laki-laki? Qiqiqiqi….

Tengok sedikit hadist Nabi yang menyatakan bahwa betul wanita itu diciptakan dari sulbi (tulang rusuk) laki-laki:

اسْتَوْصُوْا بِالنِّسَاءِ خَيْرًا، فَإِنَّ الْمَرْأََةَ خُلِقَتْ مِنْ ضِلَعٍ … -وَفِي رِوَايَةٍ- الْمَرْأََةُ كَالضِّلَعِ … (مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

“Berwasiatlah kalian dengan kebaikan kepada para wanita (istri). Karena sesungguhnya perempuan itu diciptakan dari tulang rusuk.. pada riwayat lain wanita seperti tulang rusuk” (Muttafaq ‘Alaih)

Di hadist yang lain disebutkan:

((إِنَّ الْمَرْأَةََ خُلِقَتْ مِنْ ضِلَعٍ, لَنْ تَسْتَقِيْمَ لَكَ عَلَى طَرِيْقَةٍ, فَإِنِ اسْتَمْتَعْتَ بِهَا اِسْتَمْتَعْتَ بِهَا وَفِيْهَا عِوَجٌ, وَإِنْ ذَهَبْتَ تُقِيْمُهَا كَسَرْتَهَا وَكَسْرُهَا طَلاَقُهَا))

“Sesungguhnya perempuan itu diciptakan dari tulang rusuk ia tidak bisa lurus untukmu di atas satu jalan. Bila engkau ingin bernikmat-nikmat dengannya maka engkau bisa bernikmat-nikmat dengannya namun padanya ada kebengkokan. Jika engkau memaksa untuk meluruskannya, engkau akan memecahkannya. Dan pecahnya adalah talaknya.” (H.R Imam Muslim)

Namun apakah setiap perempuan itu diciptakan dari tulang rusuk pasangannya? Wallahu ‘alam. Tapi tidak ada riwayat shohih yang menyebutkan itu. Adapun betul wanita diciptakan dari tulang rusuk adalah ketika penciptaan Hawa seperti berbagai penjelasan para Ulama dalam kitab-kitab mereka, tafsir Imam Qurtubi rahimahullah Juz 1 hal 301, Juz 5 hal 2, tafsir Imam Ibn Katsir Rahimahullah Juz 1 hal 64, dan tafsir Imam Attabari rahimahullah Juz 1 hal 176.

Adapun ungkapan “Tulang rusuk tidak akan tertukar” lebih kepada kiasan yang memilki arti bahwa jodoh kita sudah Alloh catatkan di Lauhil Mahfudh sehingga tidak mungkin salah.
Kalau demikian adanya kenapa ada istilah kawin cerai atau ditinggal mati kemudian yang ditinggal nikah lagi? Apakah itu disebutnya tidak berjodoh?

Mungkin kita perlu menengok juga apa definisi dari jodoh itu sendiri. Dalam KBBI jodoh adalah 1 n orang yg cocok menjadi suami atau istri; pasangan hidup; imbangan: berhati-hatilah dl memilih --; 2 n sesuatu yg cocok sehingga menjadi sepasang; pasangan: mana -- sepatu ini; 3 a cocok; tepat: ia telah meminum obat itu, tetapi tidak --;

Oleh karena itu jodoh boleh jadi lebih dari satu dan boleh jadi juga berjangka ^_^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar