Sabtu, 08 September 2012

Si Penerima Kabar Gembira


Ketika seseorang itu meninggal maka akan ada kabar gembira yang akan ia terima, tergantung pada golongan mana ia digolongkan.
1.    Bagi Mukmin pada umumnya maka akan disampaikan kabar gembira seperti ini”Janganlah engkau takut karena siksaanmu tidak akan selamanya karena akan ada syafa’at dari Nabi-nabi mu dan juga orang-orang sholeh. Jangan pula lah engkau bersedih akan hilang/berkurangnya pahala. Bergembiralah karena kau akan kembali ke surga”.
2.    Bagi Mukhlishin(orang-orang yang ikhlash dalam beramal) maka akan datang kabar gembira”Janganlah takut amalmu akan ditolak karena amal-amalmu telah diterima. Jangan pula lah engkau bersedih akan hilang/berkurangnya pahala karena pahala-pahala mu telah dilipat gandakan”.
3.    Bagi Taaibiin(orang-orang yang gemar bertaubat) maka akan ada kabar gembira bagi mereka “Janganlah kamu takut akan dosa-dosamu karena semua dosa telah diampuni. Jangan pula lah engkau besedih akan hilang/berkurangnya pahala setelah engkau bertaubat”.
4.    Bagi orang-orang yang zihad di jalan Allah maka akan ada kabar gembira bagi mereka “Janglah kamu takut akan hari dikumpulkannya seluruh manusia di padang mahsyar dan hari penghisaban bergembiralah karena kau masuk surga tanpa penghisaban dan tanpa siksaan terlebih dahulu”.
5.    Bagi para ‘Ulama yang mengajarkan kebaikan kepada manusia dan ia mengamalkan ilmu yang ia miliki maka ia akan mendapat kabar gembira  ”Janglah kamu takut akan huru-hara hari Kiamat. Jangan pula lah kamu takut karena semua amal kebaikan mu akan dibalas. Dan bergembiralah karena kamu akan masuk surga”.
Kabar gembira yang manakah yang akan kita dengar? Atau malah akan mendapat kabar buruk?

Sumber: Tanbiihul Ghaafiliin (Peringatan bagi orang-orang yang lupa) Bab tentang kematian dan kedahsyatannya hal. 11

Tidak ada komentar:

Posting Komentar